13 June 2014

Sluman Slumun Slamet

Kegagalan untukku meminang 'W3' 21 April lalu, seolah telah mengukuhkan hati untuk menuliskan bahwa itulah hanya keberhasilan yg tertunda semata. Namun pembuktian untuk menguaknya yg ku rencanakan seminggu sesudahnya itu ternyata harus tertunda (lagi), planing back to Jakarta rupanya mesti mundur lantaran dininya pengerjaan proyek di kota pahlawan. Yaah, apa boleh buat, ini kan bukan halnya touring murni, melainkan sekedar touring aji mumpung, jadi jikalau keadaan belum menghadiahkan trip ke Jakarta, tiada efektif lain selain bersabar.
Terhitung sebulan menunda keberangkatan, selama moment itu pula proyek sebuah franchise resto cepat saji di ibukota povinsi Jawa Timur ku rampungkan, dan saat setelah itulah yg kini ku yakini sebagai moment untuk memungkiri kegagalan sebelumnya.
Pagi itu ku melangkah, mengarahkan driven sepeda motor menuju terminal Purwantoro, mencari sebongkah meja berlabel Pahala Kencana. Begitu antusias sang penjaga meja itu tatkala kedatanganku tertangkap oleh kedua matanya, mula keberadaanya yg sedikit menjauh dari lapak dagangannya, seakan tergegas memburu bangku transaksinya menyambut langkah kaki ini.
"Teng pundi Mas?" terlantun halus, hangat, lembut, dan sopan serta diiringi senyuman khas, its first exeperince, bukan bermaksud membandingkan, namun apabila boleh merekor, inilah agen ter'ramah yg pernah ku datangi di terminal kecil nan sesak berbagai nama bus itu.
"Pall wonten Pak?" sembari aku menyanding duduk di sebelah kirinya.
"Nge-Pall wonten, tiang pinten nggih?". Nomor 1AB dan 2AB di sketsa seat, terlingkari goresan spidol boardmarker merah sebagai option untukku menentukan dua kursi yg hendak ku beli. Karena menurut jawaban yg ku tanyakan bahwa kabin armada mengadopsi sekat pemisah, maka aku memilih nomor 2A-2B. Dari pengalaman di lain PO yg berpartisi antara kokpit dan ruang penumpang, ternyata duduk di hot seat itu justru memiliki ruang gerak paling minim.
Harga tiket tak berbeda sepeser pun dengan sang pelopor 'ventura' di market Wonogiri area, 135ribu plus servis makan tentunya.
"Mas, susuk'e kurang 5000, mengke mawong nggih nek mangkat, mengke kulo kawal bise, jam 10 sampeyan siap nyegat nggih...".
"Owh nggih Pak, matur suwun Pak..." terucap sebagai kalimat pamitmu.
Pulang.... Cus, hihi alay dikit ah...
****
Prepare, sarapan, pamitan, dan Cus lagi deh... Hehe, alay lagi...
****
Belum lama menginjakkan telapak sepatu di tempat penantian Pahala, justru satu unit Jetbus HD berkelir brand sebuah permen itu baru mengarah ke timur, entah apakah itu ganjaran yg digariskan untukku, ataukah salah satu di antara para kolega W-series'nya. Warnanya yg kuning fresh itu lho, hmmm menambah kesan vulgar sebuah armada baru. Memang, gebrakan yg dilakukan terbilang jor-jor'an, bukan sekedar peremajaan lagi, namun langsung penggantian dengan unit gess, dan hebatnya lagi terjadi dalam waktu yg serentak di semua divisi W, memang sungguh rasanya, yah begitulah kekuatan sebuah PO besar. Ya semoga saja, persaingan yg dilakukan itu turut berpengaruh pada persaingan rekrutan penumpang ke depannya.
Tak hingga lelah ku bersabar, terlihat jelas livery nano-nano pada sebuah body karya karoseri New Armada bertengger dari timur, dari sein kiri yg menyala genit maka ku pastikan inilah Pahala yg ku dapat.
Beruntunglah rupanya aku kali ini, secara barisan W telah didrop spesies spesies anyar dari kota Malang bertenaga erka-jes, namun tak sengaja hari ini aku malah kebagian Evonext berpendorong RG yg mungkin sedang ditugaskan sebagai pemain pengganti. Biarpun daripada jatah aslinya ini terbilang lebih tua, satu hal yg tak membunuh rasa bejo ku karena inilah kali pertamanya aku merasakan body yg pada first-generation'nya bertajuk Evobus itu, bahkan lebih luasnya lagi, ini adalah pengalaman pertama dalam hal bis malam aku merasakan ruang besi garapan tangan tangan Magelang itu.
Kenek sibuk membukakan bagasi untuk sebuah kardus berisi alat kerja yg dibawa teman seperjalananku, sedang sopir lebih dulu menyambutku dengan senyuman ringan dan anggukan kepala sebagai isyarat welcome, serasa tiba di kabin sebuah maskapai penerbangan swasta bukan? Yaah, memang dalam hal keramahan yg original itu tidak berpatokan pada sebuah background, tidak berarti kalau PO A itu semua kru'nya ramah, sedang PO B semua kru'nya kaku, namun justru bergantung pada individulismenya masing masing. Namun andaikan sebuah PO melakukan sebuah pembentukan diri, mendidik dan melatih para kru untuk bisa berlaku seperti sopir ini, di sektor ini kualitas sumber daya manusia lah yg di'ujung-tombakkan, mengedepankan pelayanan di sisi ramah tamah, tak khayal bisa menjadikan nilai plus dalam menunjang eksistensi.
Selangkah setelah aku naik dari titik standar chasis ke level High-Deck mencari tumpuan badan sesuai nomor yg telah deal, cegatan agen yg kini merangkap sebagai pengawal lima langkah itu menghentikan kejelianku, "Mriki Mas, nomere kulo pindah 1AB, wong niki kan mboten wonten sekat'e, kebeneran nggih kosong. Pundi tikete kulo rubah nomere. Gek niki susuke wau kirang 5000 nggih", batin batin loe tau yg gue mau aja Pak, kursi depan adalah favorite, konon begitulah sebutan akrabnya.
Kami berdua bagaikan pembabat alas kabin ini, tiada satupun kursi terisi selain kursi driver, CB, kandang macan, dan 1C yg dihuni oleh agen. Prihatin rasanya, ironis, gertakan besar yg dilakukan belumlah mampu bertahta sebagai subyek pelambai calon penumpang. Mungkin kalau bukan di'motori oleh Pahala Kencana, trayek ini telah lelap dalam tidurnya.
Lambaian tangan agen Slogohimo membalas seruan klakson sopir, menandakan tiadanya point di titik tersebut.
Penjaga agen menyudahi tugas anyarnya sebagai pengawal di timur pasar lawas Jatisrono. Di terminal kecamatan ini pun laju W3 hanya terhenti oleh transaksi meal-meal'an kepada petugas dishub.
Di terminal wilayah hombase PO Purwo Group, kabin mengalami pertambahan seorang penduduk.
Di pos selanjutnya, Ngadirojo, terjadi lonjakan penduduk. Tapi ini bukanlah penumpang abadi, melainkan hanyalah titipan dari agen yg katanya tadi ketinggalan armada.
Terminal induk Wonogiri hanya dimasuki demi mematuhi peraturan 'bus umum masuk terminal' saja.
Transit penumpang titipan ke armada W6 dilakukan di terminal setengah jadi alias terminal Krisak sekaligus menambah pundi pundi kabin menjadi genap 4 orang. W6 langsung mangkat seusai penumpang operan menduduki kursi kekuasaannya, sedang W3 masih terdiam sejenak di area relokasi terminal Giri Adipura ini.
Beranjak dari terminal, di depan masih tertangkap mata bokong kolegannya, entah apakah itu W1 ataukah W2.
Perilaku serupa agen Slogohimo kembali terjadi di terminal Sukoharjo.
Di agen pinggir jalan sesudah pabrik tekstil Sritex, penumpang bertambah 100% sehingga menjadi 8 orang.
Berjalan beberapa kilometer, seorang penumpang maju mendekati kru, tepatnya duduk di kursi 1C, memberikan aba aba "kiri" pada driver. Ku pastikan ini adalah adanya rekanan dari penumpang pemberi komando yg menunggu di seputar area itu. Sayangnya seruan dari Bapak itu tak mampu tertangkap oleh kedua kru, hingga melampaui batas 3x kata "kiri" itu baru disadari oleh sopir yg kemudian langsung membanting setirnya ke arah sesuai comand.
"Bapak kalau mau berhenti harusnya bilang pas naik tadi, gak mendadak kaya gini", ungkapan kenek terlontar dengan sedikit nada emosi.
"Mundur mundur", timpal penumpang itu lagi seolah merasa bahwa aba abanya tak digubris sehingga menyebabkan kebablasan.
"Ngapain mundur Pak? Ini mah mobil gede, gak bisa mundur seenaknya", pembelaan dari sang kenek lagi.
Hehe, ku benarkan sikap kenek, biarpun terkuak adanya kandungan emosi, namun seharusnya penumpang tidaklah searogan itu, batin batin "emang Mikrolet Pak? Kok pakai mundur segala".
Kenek terlihat meminta persetujuan dari sopir atas negosiasi yg sedang dilakukan bersama penumpang itu. Setelah mencapai mufakat, ku intip lewat tebengan spion kanan ternyata penumpang itu membawa 3 barang bawaan seukuran kardus TV 29", jadi mungkin cas atas kelebihan bagasi inilah yg tadi dirunding oleh kedua kru itu.
Sebuah SPBU di Kartasura difungsikan sebagai media penambah asumsi bahan bakar. Sopir sempat memarkirkan mobilnya di sebelah kiri mesin pompa, lantas diingatkan oleh kenek bahwa lubang titik pengisiannya terletak di body sebelah kiri, sehingga bis harus mundur untuk memosisikan badan di sebelah kanan pompa.
Di tempat yg akrab disebut 'pom bensin' itu nampaknya jg merangkap menjadi perwakilan PK divisi Solo, Ponorogo, dan Wonogiri. Seorang penumpang tujuan Lebak Bulus mengakhiri kebersamaannya dengan W3 di sini untuk selanjutnya bergabung ke W5 yg telah parkir terlebih dulu bersama sebuah armada livery lama berbody Jetbus versi Tri-xxx, entah seri apa dan berapa.
Tak lama bergabung parkir menyusul dua sahabatnya, kenek naik membawa sebuah bungkusan, setelah di buka ternyata isinya air mineral 600ml yg kemudian dibagikan kepada para penghuni kursi kabin. Hmmmm, 135 plus makan plus air mineral lagi, jelas lebih murah bukan? Sesuai dengan moto yg tertulis di cover tiketnya "lebih dari yang lain".
Nano nano berlabel HT 557 berangkat tanpa adanya tambahan penumpang, membuntuti duo Merah-Putih berkode BM. Melihat speed yg ditunjukkan oleh sopir ini dan berpegang pada pengalaman bertumpu di atas Agra Mas, tentu ini bukan lawan main, kalau saja tak harus bergelut dengan rapatnya lalu lintas, pasti dua Hino RK8 bertubuh Adiputro itu sudah tercentang oleh double-u-three ini. Benar saja, tak lama kemudian BM 010 berhasil dilengserkan lantaran roda drivennya yg mengarah ke terminal Kartasura, hehehe...
BM 028 melejit meninggalkan W3 yg terhadang nyala lampu merah, sementara W5 mampu memanfaatkan celah di sisi kiri sehingga berhasil start lebih dulu saat lampu berubah hijau. Makin lama buritan Jetbus HD itu malah makin menjauh dan perlahan menghilang.
Meal untuk dishub Boyolali diserahkan pada petugas yg berjaga di depan terminal alias bis tidak memasuki terminal.
Tanpa isyarat apapun, lagi lagi W5 mencuri celah dari kiri dan berhasil menjadi semakin di depan, bisa disainyalir bahwa W5 terlewati lantaran dia masuk ke terminal kota susu tadi.
BM 028 pun kembali menampakkan diri, terlihat berlari apa dayanya karena kedua lajur dipenuhi truk, sedang ketidak-sabaran W5 dalam menunggu nganggurnya satu lajur pun dibuktikan lewat skil'nya menerjang bahu jalan. Namun lagi lagi W3 belumlah mampu pamer atas kedigdayaannya pada armada merah cabe eks mocaccino itu karena harus tertahan oleh laju mobil barang yg melamban merayap. Dan lagi lagi hanya mampu melakukan take over yg tak pantas disombongkan karena BM 028 hendak memasuki terminal Bangak.
Terminal Ungaran menjadi titik pengambilan penumpang terakhir yg jumlahnya tak lebih dari satu orang. Cewek berjilbab itu duduk di sebelah kanan'ku dan terpisah gang, namun maaf, aroma parfumnya begitu menyengat, mungkin sebelum berangkat wanita itu mandi dengan minyak wangi, dan harumnya pun tak disukai indera pencium ini, bikin gak tahan malah, rasanya pengen menutup hidung. Instruksi dari kenek, dia boleh mencari tempat duduk yg kosong supaya bisa lebih lega. Hmmm, gumanku untunglah kalau nanti dia pindah menjauh dari singgasanaku, eh lha kok ternyata cuma pindah ke jok nomor 2AB, ya sami mawon bau parfumnya tetap terdeteksi di setiap hisapan nafasku.
Dua spesies lahiran karoseri Revolution dengan warna khas merah bergradien kuning terlewati di Kendal.
Seiring senja menghilang, pelataran rumah makan Sendang Wungu pun akhirnya tercapai oleh W3 menyusul dua kawannya yg telah hadir terlebih dulu. Suasana parkiran masih sunyi sepi, belum ada satupun pasukan Gajah yg mendominasi halaman parkir depan, begitupun keadaan di dalam ruangan, tak menampakkan pemandangan berjubel para penumpang yg hendak menukar selembar kupon dengan sepiring nasi, bahkan kios jajanan di samping ruang makan PO ini pun malah baru buka bersamaan dengan take-off nya W3.
Dua kolega dengan seri W1 dan W5 pun tak bernasib lebih baik, selisih penumpang dengan W3 mungkin ibarat 11-12 saja, bahkan seandainya penumpang dari tiga unit armada ini dikumpulkan, keseluruhannya tak akan melebihi jumlah kursi dalam satu bis saja. Soal untung rugi, tak usah ditanya lagi, kalau asumsinya adalah omset satu armada dalam satu kali PP, mustahil kata 'untung' itu ada. Entah seperti apakah sistem manajemen perhitungan pada Pahala Kencana sehingga dalam kenyataan seperti ini pun konsekuensi dalam mengantarkan penumpang seakan tetap menjadi harga mati. Yg jelas, seandainya sikon ini terjadi pada PO lain, mungkin penumpang dioper dan bis diperpalkan adalah pilihan yg bersahabat dengan hal finansial.
Bicara menu makan, apapun PO nya dan dimanapun rumah makan ampirannya, rasanya ya cuma seperti itu itu saja lah, sepiring nasi dengan lauk sederhana plus teh setengah manis. Hanya saja disini aku menemui kecap lidah yg benar benar beda, ramuan bumbunya begitu terasa dan pas. Kalau sebelumnya Raos Eco yg ku puja sebagai rumah makan mitra bis yg paling berasa, sekarang lidah tak bisa berbohong lagi. Maklum lah, singgahan kali ke-tiga'ku di rumah makan ini merupakan yg pertama kali merasakan lauk hidangannya, dua kali sebelumnya saat aku dibawa Gajah Mungkur dan GMS beberapa tahun yg lalu adalah perjalanan ke timur, sehingga tiada acara servis makan di sini.
W5 lebih dulu meninggalkan dua rekannya saat piringku masih menyisakan separoh nasi, sedang W1 menyusulnya ketika sebatang rokok menemani penantian pada W3 yg tak lama kemudian mengikuti jejak kedua rekanannya itu.
Namun tak jauh beranjak, belum sempat menginjak aspal, nampaknya W1 mengalami sedikit trouble, sehingga W3 pun harus bersabar menemani.
"Jakarta?", tanya seorang dari dua orang laki laki yg sepertinya sedang mencari tumpangan ke ibukota pada sopir pinggir yg kebetulah masih berada di jok CB.
"Owh, nggen kulo mboten saget niku Mas, kudu liwat agen...", jawaban sopir memberi penolakan dan pengertian, kemudian mengarahkan dua lelaki itu untuk menunggu dan bernegosiasi dengan Gajah bersaudara.
Mengingat sebenarnya masih tersediannya kursi kosong, dan ada penumpang datang tak diundang, sesungguhnya laksana air di gurun pasir, setidaknya bisa berperan sebagai pundi pundi tambahan sekedar untuk biaya meal dan tol. Ya namun inilah Pahala Kencana, menoleh kefenomenalan sebutan sarkawi yg konon kelahirannya diinduki oleh PO ini, seakan menjadi pantangan bagi kru untuk mengulang sejarah itu lagi.
W1 beres, langsung kembali mengaspal. Sayang, komplotan 'W' ini angkatannya terbilang awal, seawal jam keberangkatan Agra, ditambah larinya yg lumayan greget, alhasil sampai di sini BM the gank mungkin malah masih di belakangnya. Sehingga meski speed'nya terbilang joss, rasanya kurang asik kalau belum ada lawan mainnya, andai saja time start dari pangkal mundur sekurangnya dua jam, pasti para punggawa lor-lor'an bisa menjadi kawan sekaligus lawan dalam menjajaki jalur 1000 proyek ini.
Hanya nama nama seperti Siba Surya, Dinoyo Putro, Gudang Garam, dan mobil penggendong bak saja yg ada untuk disungkurkan sebelum akhirnya bisa menjebol benteng alon alon Pelita Baru di depan hotel Dewi Ratih Batang.
Concerto bernomor body 14AC dan Non'A Dewi Sri telewati saat gerbang selamat datang kota Pekalongan menyambut.
Berlanjut dengan Panorma DX 24S dan Dedy Jaya Marco New Armada di Pemalang.
Lagi lagi hanya Sinjay 89VX yg ditemui dan ditaklukkan di Tegal sebelum akhirnya singgah di pos jaga detasemen anti sarkawi.
New Celcius 76RA dan Jetbus HD Buble Gum menjadi daftar terakhir yg tercatat di Brebes.
Memasuki tol Pejagan, W1 dan W5 terlihat berdiam di bahu jalan, mungkin acara trouble di rumah makan tadi bersambung dan inilah episode lanjutannya. W3 pun turut berpartisipasi meramaikan parkiran di depan tenda kopi itu.
Entah berapa puluh laskar pelangi Cibitung yg memamerkan bokongnya pada tiga nano nano yg tengah mengaktifkan kedua sein'nya itu. Ada pula rekan seperusahaan berbody Marcopollo dengan goresan warna khas Nirwana yg hanya menyapa ketiga kawannya tanpa rasa peduli, jadi mungkin ketika terjadi masalah pada sebuah armada seperti itu, hanya armada lain dalam satu divisi saja yg diwajibkan untuk urun membantu. Ya memang aku rasa itulah kebijakan yg benar, kalau gak begitu, misal ada satu bis mengalami trouble di Brebes arah ke barat, kebetulan semua armada di lain lain divisi lewat secara bersamaan dan semuanya ikut membantu, bisa bisa ujung parkirnya sampai di Tegal, hehehe...
20 menitan berhenti, akhirnya serentak ketiganya kembali meneruskan langkah. Sepanjang tol Pejagan-Kanci, dibuktikannya digdaya atas puluhan Sinar Jaya yg tadi meluluhkan barisan ketika prajurit 'W' sedang tak berdaya.
Menuntaskan lajur tol Palikanci, dari arah sebaliknya terjadi kemacetan parah, mungkin lebih dari satu jam waktu untuk menembusnya. Tak ku temui adanya kawanan B-VGA menyelip dalam kemacetan sepanjang 5 kilo'an itu, kalau ada mungkin jalur W3 ini sudah dirampasnya.
Macet beralih ke jalur arah barat sesampainya di Indramayu, dua Dedy Jaya menjadi pembuka jalur lawan yg diikuti oleh Dewi Sri dan sebuah travel, sedangkan W3 tetap anteng di jalur yg halal. Mata berusaha ku istirahatkan setelah lepas dari kemacetan yg dilatari oleh truk mogok itu.
****
"Pasar Rebo... Pasar Rebo...", komando kenek menghancurkan romantisme ku dengan Sandra Dewi yg ku bangun antara jarak Indramayu-Jakarta. Cijantung menjadi landasan pertama penurunan penumpang, menyusul Kiwi, dan aku menempati urutan ke-tiga sewktu turun di Gandaria.
Ku lihat HP, jam 04.09, hmmm masih pagi juga, rupanya bisa juga diandalkan untuk mengalahkan fajar.
####
Mendapati satu pengalaman perjalanan bersama PK, dan mengutip tembang Campursari karya Manthous yg dilantunkan duet dengan Lilis Diana, ku rasa pas banget...
Sluman slumun sing penting slamet...
Ngarep arep rejeki ojo nganti seret...
Pinter srawung tundhone wis mesthi untung....
Ora wurung, yen tinulung becike ojo tanggung tanggung...
(Apa yg diharapkan dari sebuah bisnis tansportasi, tidak lain adalah keuntungan. Namun biarpun di suatu ketika keadaan sedang tidak bersahabat dalam hal pendapatan rejeki, pelayanan bukan menjadi imbasnya, biarpun rugi tetapi gak tanggung tanggung penumpang yg berjumlah sedikit tetap dibawa mencapai titik tujuan).
Sluman slumun sing penting slamet...
Eling-eling ro konco ora perlu njimet...
Etung-etung ben sithik watone untung...
Modal jujur sing penting sugih sugih sedulur...
Sluman slumun slamet dasar wasis lan ubet...
Ojo samar saben dino wis mesthi ngliwet...
Sluman slumun slamet ora dhemen nyimpet...
Alah srimpat srimpet tundhone wis mesthi ruwet...
(Biarpun penumpang sedikit yg notabene omset pun demikian pula halnya, namun tetap berpegang pada pendiriannya, menolak sarkawi, jujur itu lebih baik).
Eman jo samar yen ra keduman...
Nyasar nyusur wong sabar wis mesthi subur...
(Bukankah sudah cukup panjang umur Pahala Kencana line Wonogiri, namun bagaimana kenyataannya? Kalau dikata okupansi penumpangnya lebih bagus dari Laju Prima dan Agra Mas rasanya tidak demikian, padahal mereka justru terhitung lebih baru di pasar Wonogiri. Ya semoga dengan sabarnya Pahala Kencana meniti karirnya di jalur 'W' ke depannya akan membuatnya subur).

No comments:

Post a Comment